find your passion of your music here

get rekommended song here

Find your asia movies here

Rekommended for asia movies lovers.

get your traditional and modern food and drink

rekommended for your favorite food and drink

All about tourism

Find your interesting place.

Klik dan anda akan mendapatkan Sepatu Gratis Disini

Kamis, Mei 31, 2012

Question Tag


Question Tag adalah pertanyaan pendek yang ada di akhir kalimat. Dalam bahasa Indonesia, mungkin kita sering mendengar orang berkata, kamu terlambat, kan?. Nah kata "kan?" di sini disebut dengan question tag dalam bahasa Inggris.

Pada topic ini kita akan membahas tentang:
  • Positive Statement
  • Negative Statement
  • Imperative Statement
1. Positive StatementRumus:

(+) statement, (-) tag?


a. Dengan Kata Bantu (Auxiliary)


Contoh:
 

  • You are the new secretary, aren't you? (bukan are not you?)
  • George can swim well, can't he?
  • am going to go to the cinema with you, aren't I? (bukan amn't I)
  • Susie has phoned you, hasn't she?
Catatan penting: 
  • Jika kita dapat melihat adanya kata Bantu (is, am, are, was, were, do, does, did, has, have, had, will, would, can, could, shall, should, may, might, atau must), maka gunakan saja kata Bantu tersebut sebagai tagnya.
  • Tag negative harus dibentuk dengan singkatan. Pengguaan not yang terpisah dari kata bantunya tidak umum dalam Question tag.
  • Jika subjek kalimatnya I, dan kata bantunya am, maka tagnya adalah aren't I?bukan "amn't I" sebab penyingkatan ini tidak standard dalam bahasa Inggris.
  • Berhati-hatilah dengan penyingkatan kata Bantu. Perhatikan contoh kalimat-kalimat berikut ini:
  • She's afraid to stay alone, isn't she?
  • She's called the police, hasn't she?
Pada kalimat pertama, she's = she is, sebab diikuti oleh kata sifat, sedangkan pada kalimat kedua she's = she has, sebab diikuti oleh kata kerja bentuk ke-3 (Present Perfect Tense)

b. Tanpa Kata Bantu (Auxiliary)


Contoh:
 

  • They invited you to their party, didn't they?
  • She read the novel, didn't she?
  • She reads the novel, doesn't she?
  • Somebody knocked at the door, didn't they?
  • You think I will be fired, don't you?
  • I believe you will pass the exam, won't you?
Catatan penting: 
  • Jika tidak ada auxiliary (kata Bantu) di dalam kalimat statement-nya, maka gunakan do, does, atau did, tergantung dari tenses-nya.
  • Berhati-hati dengan kata kerja Irregular Verbs, terutama yang memiliki bentuk yang sama seperti contoh kalimat no. 2 dan 3 di atas.
  • Somebody/someone, anybody/anyone, everybody/everyone, these/those dianggap menjadi "they" dalam tagnya.
  • Something, anything, everything, this/that dianggap menjadi "it" dalam tagnya.
  • Jika statement-nya terdiri dari induk dan anak kalimat, maka tag-nya diambil dari induk kalimatnya (contoh kalimat ke-5), kecuali jika induk kalimatnya dimulai dengan I, maka tag-nya diambil dari anak kalimatnya (contoh kalimat ke-6). Hal ini sangat masuk akal kita, kan tidak lucu kalau kita bertanya pada diri kita sendiri. (Saya percaya kamu akan lulus ujian, ya kan? - tetapi ya kan-nya ditujukan pada diri sendiri)
2. Negative Statement

Negative statement jauh lebih mudah dibandingkan dengan positive statement karena kita sudah melihat adanya kata Bantu di dalam statement-nya. Kita tinggal memindahkan kata Bantu tersebut ke dalam tagnya.

Negative statement biasanya sering dipakai untuk meminta tolong atau meminta informasi tentang sesuatu/seseorang.


Rumus:


(-) Statement, (+) tag


Contoh:
 

  • There isn't any news, is there?
  • My parents won't go to Bali with you, will they?
  • Nobody wants to go with you, do they?
  • Everybody does not bring their homework, do they?
  • You never come to her dormitory, do you?
Catatan penting: 
  • Nobody, nothing dianggap negative
  • Nobody dianggap menjadi they dalam tagnya dan nothing dianggap menjadi itdalam tagnya.
  • Hati-hati jangan sampai terlena dengan kata Bantu yang nampak dalam statement-nya. Perhatikan contoh kalimat no. 3 dan 4. Kata kerjanya seolah-olah adalah tunggal dan seharusnya menggunakan does, namun mengapa tag-nya menggunakan do? Sebab nobody dan everybody dianggap they dalam tag-nya.
  • Never, seldom, barely, little, few, dll dianggap negative (contoh kalimat no. 5)
  • Namun ingat, a few, dan a little  dianggap positive.
3. Imperative Statement

Imperative statement biasanya digunakan untuk meminta dan menyuruh orang lain untuk mengerjakan sesuatu.  Ada juga yang berfungsi untuk melarang dan mengajak orang lain.

Tag yang digunakan adalah:

  • Will you, won't you, would you, could you, can you, dll yang sejenis. Penggunaannya tergantung dari situasi kalimatnya dan tingkat kesopanan statement yang disampaikan. Misalnya kalau meminta orang lain untuk mengerjakan sesuatu, lebih baik gunakan would you atau sejenisnya, dan menyuruh seseorang dengan nada marah, maka can you akan lebih cocok digunakan daripada would you.
  • Sedangkan untuk let's, tag yang digunakan adalah shall we?
Contoh: 
  • Sit down, would you?
  • Let's do it again, shall we?
  • Don't disturb me, can't you?
Catatan penting:

Penggunaan tag di atas sama penggunaanya dan dapat digantikan dengan 
please.

Contoh:
 

  • Sit down, please?
  • Let's do it again, please?
  • Don't disturb me, please? 
4. Ellipsis Question Tag

Berhati-hatilah dengan penggunaan Question tag, khususnya jika kita tidak dapat melihat adanya subjek kalimat dalam statement-nya. Untuk itu, kita perlu memahami dan mencermati bahwa subjek kalimat statement-nya sebenarnya ada, namun hilang (ellipsis). Perhatikan contoh kalimat-kalimat berikut ini:
 

  • Nice day, isn't it?
  • Difficult, aren't they?
  • Talking about me, aren't you?
  • Fine, aren't you?
reference 
http://esuprianto.blogspot.com/2011/11/question-tag.html

JAVA 2 ME

Java 2 Micro Edition (J2ME)
merupakan subset dari J2SE yang ditujukan untuk implementasi pada peralatan embedded system dan handheld yang tidak mampu mendukung secara penuh implementasi menggunkan J2SE.
embedded system adalah produk-produk dengan komputer kecil berada didalamnya. namun aplikasi yang bisa dimanfaatkan dari peralatan tersebut sangatlah spesifik. contoh embedded system adalah apikasi yang memanfaatkan mikroprosesor seperti TV,sistem keamanan gedung.dsb.

J2ME sangat berguna untuk membangun sebuah aplikasi pada peralatan dengan jumlah memori dan kapasitas penyimpan yang terbatas,serta kemampuan user interface yang terbatas seperti pada perangkat komunikasi bergerak berupa handphone,PDA. dsb.


seperti aplikasi java umumnya yang menggunakan java virtual machine, dalam J2ME digunakan pula virtual machine yang disebut K Virtual Machine. K  Virtual Machine sangat kecail dalam kebutuhan memorinya. Huruf K singakatan Kilobyte,untuk menggambarkan betapa Virual Machine ini bekerja pada total memori dari 128 kilibyte sampai maksimal crata-rata 512 kilobyte.

saat ini terdapat 2 jenis aplikasi dari J2ME yaiut :

  • walled garden application,yaitu aplikasi yang terdiri atau stand-alone yang berjalan pada handphone tanpa perlu mengakses sumber data eksternal melalui jaringan pembawa atau carrier network. contoh dari aplikasi ini adalah kalkulator atau single palyer games.,
  • network aware application atau aplikasi yang berinteraksi dengan jaringan. tidak seperti aplikasi yang pertma, aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengakses sumber data eksternal. contoh aplikasi ini adalah e-mail yang berada di dalam handphone.


J2ME, dibagi dalam configuration dan profil keduanya dibentuk dari Java Specification Request (JSR). configuration adalah spesifikasi yang secara detail menjelaskan tentang yang dapat digunakan dalam class-class tertentu dari sebuah peralatan. sebuah profil dibangun dalam sebuah configuration namun menambahkan beberapa API khusus agar dihasilkan sebuah lingkungan yang lengkap untk membangun aplikasi. sedangkan sebuah configuration mendeskripsikan sebuah JVM dan sekumpulan API dasar, dan hal ini tidak cukup untuk membangun sebuah aplikasi yang lengkap. profil-profil biasanya termasuk API untuk aplikasi lifecycle,user interface dan penyimpanan kontinyu.

Keuntungan Penggunaan J2ME

  • berkurangnya batasan-batasan dari aplikasi bberbasis browser pada perangkat komunikasi bergerak yang dapat diatasi
  • berkurangnya latensi selama koneksi anatara komunikasi perangkat keras disisi user dengan server.
  • tampilan layar perangkat komunikasi user juga semakin diperkaya dengan animasi-animasi grafis yang menarik.
  • interaksi user dengan sistem semakin meningkat.
Proses Loading Pada Aplikasi J2ME
ketika sebuah aplikasi telah berhasil dibuat,diperlukan mekanisme khusus agar aplikasi dapat disimpan pada sebuah perangkat komunikasi bergerak. umumnya,digunakan istilah Application Management Software(AMS). skenario dalam proses download tersebut adalah :
  • seorang pelanggan mengakses sebuah halaman web atau wap menggunakan perangkat komunikasi bergerak. di dalam halam tersebut terdapat daftar aplikasi yang dapat di download.
  • jika pelanggan tertarik,dia dapat memilih aplikasi tersebut yang secara otomatis akan mendownload file descriptornya file melalui jaringan komunikasi ke dalam handsetnya oleh karena ukuran file tersebut kecil,umumnya proses download berlangsung secara cepat dan relatif murah.
  • file descriptor ini memberitahukan pengguna beberapa hal mendasar tentang aplikasi yang baru saja di downloadnya misal : versi,ukuran file,dsb. dengan demikian jika salah satu informasi tersebut ternyata pernah ada dalam handset itu sebelumnya atau kapaitas memorinya tidak mencukupi,pengguna dapat diberikan pesan untuk membatalkan proses.
  • jika tidak ada permasalahan dengan kondisi handset,AMS akan mulai mendownload aplikasi dan menyimpannya, untuk kemudian akan muncul dalam pilihan aplikasi
reference
catatan dosen


Dasar-Dasar Midlet

Pengertian Midlet
Midlet adalah aplikasi yang dibuat menggunakan java 2 micro edition (J2ME) dengan profil mobile information device profile (MIDP). MIDP dikhusukan untuk digunakan pada handset dengan kemampuan CPU,memori,keyboard,dan layar terbatas, misalnya pada handphone,pager,dsb. arsitektur tingkat tinggi dari sebuah aplikasi MIDP ditunjukkan pada gambar dibawah ini. tetapi secara u7mum, terdapat beberapa hal penting dalam membuat sebuah aplikasi Midlet, yaitu menyangkut lifecycle,user interface,command handling,deployment dan application management.

Midlet lifecycle
lifecycle dari sebuah Midlet ditangani oleh application management software (AMS). AMS ini adalah sebuah lingkungan tempat siklus dari sebuah Midlet mampu diciptakan,dijalankan,dihentikan,maupun dihilangkan. AMS sering pula dinamakan dengan java application manager (JAM). Midlet memiliki berapa state, yaitu pause, active, dan destroy. ketika masing-masing state dipanggil, beberapa method standar yang bersesuaian diapnggil. method-method ini meupakan bawaan dari J2ME. untuk lebih jelas lihat gambar dibawah ini :




dari gambar tersebut, dapat dijelaskan sebagai berikut :

  • ketika Midlet pertama kali diciptakan dan diinisialisasi,Midlet akan berada dalam state " pause"
  • apabila terjadi kesalahan selama konstruksi Milet, Midlet akan berpindah ke state " destroy", dan Midlet batal diciptakan dengan jalan memanggil fungsi standar dstroyApp().
  • selanjutnya, ketika Midlet dijalankan,Midlet akan berada pada state "active", dalam hal ini fungsi standar yang dipanggil adalah startApp().
  • akan tetapi, jika ditengah jalan Midlet dihentikan sementara,Midlet akan berada dalam state "pause" dengan jalan memanggil fungsi8 standar pauseApp(). pada state ini diperlukan proses cleanup terhadap garbage collector yang dihasilkan

user interface
user interface dari Midlet terdiri ata api yang high level dan low level. 
low leverl API berbasis pada class cnavas sedangkan high level API  berbasis pada screen. contoh dari high level API adalah alert,form,list dan textbox. class diagram dari user interface dapat dilihat pada gambar dibawah ini 


Midlet suite dan Application Descriptor 
ketika selesai membuat sebuah aplikasi aplikasi tersebut harus dikemas dalam sebuah kemasan yang berekstensi.*.JAR. selai itu dikenal pula file *.JAD yang disebut sebagai application descriptor yang berguna untuk mendeskripsikan isi dari file JAR tadi. kedia file ini haruslah diupload ke ponsel user agar aplikasi dapat dijalankan.

contoh file JAD adalah :
  1. Midlet-1 : HelloWorld,HelloWord.png,HelloMIDLET
  2. Midlet-jat-size : 100
  3. Midlet-jar-url : Helloworld.jar
  4. Midlet-nama : Helloworld
  5. Midlet-vendor : sun Microsystems
  6. Midlet-version : 1.0
untuk membuat aplikasinya sendiri digunakan J2MEWTK.

reference :






Sabtu, Mei 19, 2012

tempat bunuh diri, hutan aokigahara jepang

ketika saya mencari hal yang unik di google, perhatian saya tertuju pada suatu artikel yang menceritakan tentang hutan aokigahara jepang. pada arikel tersebut diceritakan bahwa hutan aokigahara adalah tempat favorite bunuh diri orang jepang bahkan setidaknya sampai 100 orang pertahunnya. saya rasa orang jepang yang terkenal dengan teknologi yang sangat maju saja masih mempunyai pikiran yang sangat sempit untuk melakukan hal-hal yang sangat bodoh seperti itu. saya sempat berpikir untuk membuka usaha tempat bunuh diri di jepang, nanti yang saya akan siapkan tali untuk gantung diri,pedang,pisau dll tergantung pesanan.toh ga dosa ini yang  ngebunuh bukan saya tapi mereka sendiri, saya hanya ingin menawarkan jasa saja.harga bisa dari 10jt(cepet naik haji) haha

lanjut kecerita di jepang. rata-rata korban yang bunuh diri di karenakan mereka mempunyai masalah yang berat seperti di pecat dari pekerjaa,putus dengan pacar dan lain-lain yang mereka pikir itu adalah akhir dari hidup dengan kata lain mereka tidak mempunyai gairah hidup. hutan aokigahara tempat yang sunyi dan sepi untuk mati.
hutan aokigahara lebih dikenal laut pohon,
Aokigahara adalah hutan keindahan yang tak terkendali dan diselimuti ketenangan yang menakutkan. Lebat dengan semak, akar pohon menyembul mengintai jiwa yang tidak tenang. Keheningan yang luar biasa  tanpa disadari menekan akal manusia dari seluruh sisi. Hutan Aokigahara adalah tempat yang sempurna untuk menyendiri,merefleksi kisah lalu dan akhirnya mengambil nyawa manusia,sungguh merupakan tempat yang tepat untuk mati.


Hal lain juga diyakini bahwa kecenderungan untuk bunuh diri di daerah tersebut berasal dari sebuah novel tahun 1960 yang berjudul Gelombang Pohon ‘oleh Seicho Matsumoto , di mana tokoh protagonis bunuh diri di hutan Aokigahara . Tingkat kematian telah menunjukkan peningkatan tahunan signifikan, mencapai puncaknya pada 2004 ketika 108 orang melakukan bunuh diri di hutan. Dan pada tahun 2010, 247 orang mencoba bunuh diri di hutan, meskipun hanya 54 yang berhasil melakukan


Seorang peneliti yang bernama Azusa Hayano telah mempelajari hutan ini selama lebih dari 30 tahun. Bahkan ia tidak dapat memahami tren orang bunuh diri di hutan ini. Ia memperkirakan bahwa ia sendiri telah sengaja menemukan lebih dari 100 mayat dalam 20 tahun terakhir.


orang yang bunuh diri adalah orang-orang yang berpikir negative dan berpikir masalahnya tidak bisa diselesaikan. mereka tidak memikirkan keluarga,sanak saudara dan hal-hal lain yang lebih penting di bandingkan masalah mereka itu. jadi janganlah berpikir masalah tidak ada jalan keluarnya. berpikirlah postive. jangan sekali-kali terlintas dipikiran kalian untuk bunuh diri karena menurut saya orang yang melakukan bunuh diri adalah orang terbodoh di dunia 








referance :

  •   berbagai sumber di google
  • http://www.bagusjuga.com/2012/04/hutan-aokigahara-di-kaki-gunung-fuji-jepang-hutan-tempat-bunuh-diri/ 

Ladda Land


PLOT :
Based on strange events believed by many locals to have taken place in Chiang Mai late last century, the story opens with 40-ish marketer named Thee (Saharath Sangkapreecha), his wife Parn (Piyathida Woramusik), his rebellious teenage daughter Nan (Suthatta Udomsilp) and lively young son Nat (Apipich Chutiwatkajornchai) moving from Bangkok to Laddaland, an upmarket housing estate. Convinced his new job with a company that sells dietary supplements is the answer to all his troubles, Thee ignores Parn's legitimate concern over hefty mortgage payments; he also believes the move will lift Nan's deep-seated resentment of him and his wife, who left the girl with her grandmother for much of her childhood. Following the grisly murder of a Burmese housemaid and Thee's unpleasant encounter with wife-beating next-door neighbour Somkiat (Sahajak Boonthanakit), ghosts start appearing before Nan, who is unable to convince her parents that she's making up these supernatural incidents. Thee mistakenly shoots Nat, and believing that he had killed his son, shoot himself. Parn, Nat and Nan leave the Laddaland following this incident.


 Also Known As: Ladda Land
Directed by: Sophon Sakdapisit
Country: Thailand
Language: Thai
Subtitle: English
Year: 2011
Genre: Horror

cast :
 Saharat Sangkapreecha, Atipit Chutiwatkajornchai, Piyathida Woramuksik


reference
http://en.wikipedia.org/wiki/Laddaland

Jumat, Mei 04, 2012

SAP Organisai Dan Metode

MINGGU
POKOK BAHASAN & TIU

SUB POKOK BAHASAN & SASARAN BELAJAR
CARA PENGAJARAN
MEDIA
TUGAS
SUMBER
1 & 2
Arti Pentingnya Organisasi dan Metode

TIU :
Mahasiswa mengetahui pentingnya organisasi dan metode
  1. Pengertian Organisasi dan Metode
  2. Sejarah Organisasi
  3. Desain Organisasi Formal dan Informal.
  4. Teory Organisasi

Sasaran Belajar
  1. Mahasiswa dapat menjalaskan apakah yang dimaksud dengan istilah organisasi dan metode.
  2. Mahasiswa dapat mengetahui sebab dari mengapa organisasi dan metode dibutuhkan oleh manajemen.
  3. Mahasiswa dapat mengambarkan fungsi pelayanan O & M
  4. Mahasiswa dapat menjelaskan tentang sejarah timbulnya organisasi.
  5. Agar mahasiswa memiliki dasar tentang organisasi tersebit.

Ceramah
OHP
Papan Tulis
Mendeskripsikan fungsi-fungsi pelayanan O & M pada organisasi tertentu.
1,3,7
3
Hubungan antara Manajemen, Organisasi, dan Tata Kerja.

TIU :
Mahasiswa dapat mengetahui hubungan timbal-balik antara manajemen, organisasi dan tata kerja.

1.        Hubungan Timbal balik antara Manajemen, Organisasi dan tata kerja.
2.        Fungsi satuan Organisasi dan Metode.

Sasaran Belajar :
  1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian secara umum dari manajemen.
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan timbal-balik antara kegiatan dan kerja sama dengan tujuan.
  3. Mahasiswa dapat menjelaskan mengapa dalam rangka menejemen harus ada organisasi.
  4. Mahasiswa dapat menjelaskan mengapa dalam rangka manajemen harus ada organisasi.
  5. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian secara umum dari tata kerja.
  6. Mahasiswa dapat mengambarkan hubungan antara manajemen dan tata kerja.
  7. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian secara umum dari organisasi.
  8. Mahasiswa dapat mengambarkan hubungan timbal balik antara organisasi dan tata kerja.
  9. Mahasiswa dapat mengetahui fungsi satuan organisasi dan metode.

Ceramah Diskusi
OHP Papan Tulis
Membuat  kerangka hubungan timbal balik antara menejemen dan organisasi, Manajemen dan tata kerja, serta manajemen, organisasi dan tata kerja.
1,6
4
Sistem Perilaku Organisasi

TIU :
Agar mahasiswa dapat mengetahui system yang berhubungan dengan organisasi, serta ruang lingkup organisasi.
  1. Hubungan Timbal-balik antara manajemen, Organisasi dan Tata Kerja.
  2. Fungsi satuan Organisasi dan Metode.

Sasaran Belajar :
  1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian pengertian secara umum dari manajemen.
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan timbal balik antara kegiatan dan kerja sama dengan tujuan.
  3. Mahasiswa dapat menjalaskan mengapa dalam rangka manajemen harus ada organisasi.
  4. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian secara umum dari tata kerja ( metode ).
  5. Mahasiswa dapat ,enunjukan tujuan daripada pemakaian tata kerja yang tepat.
  6. Mahasiswa dapat mengambarkan hubungan antara manajemen dan tata kerja.
  7. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian secara umum dari organisasi.
  8. Mahasiswa dapat mengambarkan hubungan timbal balik antara organisasi dan tata kerja.
  9. Mahasiswa dapat mengetahui fungsi satuan organisasi dan metode.

Ceramah Diskusi
OHP Papan tulis
Mengklasifikasikan kegiatan-kegiatan dalam organisasi yang masuk dalam Ruang Lingkup O & M ( Ambil contoh salah satu ( Organisasi) Perusahaan.
1,5,6
5 & 6
Organisasi

TIU :
Mahasiswa dapat memahami tentang organisasi.
  1. Tipe atau Bentuk Organisasi
  2. Struktur atau Skema Organisasi.

Sasaran Belajar :
  1. Mahasiswa dapat menyebutkan cirri-ciri daripada organisasi dengan mengingat pengertian umum dari organisasi.
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan definisi bentuk organisasi menurut beberapa ahli organisasi manajemen.
  3. Mahasiswa dapat menyebutkan hal-hal penting yang perlu dipenuhi dalam membentuk suatu organisasi.
  4. mahasiswa dapat menyebutkan cirri-ciri daripada organisasi yang sehat, tepat dan sempurna.
  5. Mahasuiswa dapat menjelaskan apa yang dimaksud dengan prinsip rasionalitas.
  6. Mahasiswa dapat menjelaskan pegertian dari spoil system, patronage system dan nepothisme system.
  7. Mahasiswa dapat menjelaskan apa yang dimaksud dengan rrentang kendalai ( span of control ) dengan batasan-batasan.
  8. mahasiswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk organisasi dengan kebaikan serta keburukannya.
  9. Mahasiswa dapat menjelaskan apa yang dimaksud dengan skeme organisasi.
  10. Mahasiswa dapat menjelaskan manfaat skema organisasi.
  11. Mahasiswa dapat menyebutkan syarat-syarat yang perlu diperhatikan dalam pembuatan skema organisasi.

Ceramah Diskusi
OHP Papan tulis
Tugas Kelompok membuat paper dengan tema, spoil system, Nephotisme system, spand of control.


1,2,6
7 & 8
Dinamika Organisasi

TIU :
Mahasiswa dapat memahami tentang dinamika organisasi.
  1. Dinamika konflik.
  2. Jenis dan sumber  konflik
  3. Strategi penyelesaian konflik.
  4. Motivasi.
  5. Teori motivasi

Sasaran Belajar :
  1. Mahasiswa dapat meyebutkan hal-hal yang dapat mempengaruhi pergerakan atau proses berjalannya suatu organisasi.
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan hakekat konflik dan menyebutkan jenis-jenis konflik.
  3. Mahasiswa dapat menyebutkan sebab-sebab timbulnya konflik organisasional.
  4. Mahasiswa dapat menyebutkan bidang structural dalam organisasi dimana sering terjadi konflik.
  5. Mahasiswa dapat menjelaskan perubahan terhadap kebijaksanaan, strategi, dan taktis dengan memberikan contoh untuk masing-masing perubahan tersebut.
  6. Mahasiswa dapat membedakan  teori motivasi yang diperkenalkan oleh Mc Gregor,  Abraham Maslow, David Mc Cellend, Herzberg.


OHP Papan tulis
Cari contoh organisasi yang sedang mengahadapi konflik dan mencari jalan penmecahanya, sesuai dengan konsep- konsep yang ada.

Membuat konsep motivasi di dalam Organisasi tersebut sesuai teori Abraham Maslow.
2, 3,5,7
9 &
10
Proses Oraganisasi

TIU :
Mahasiswa dapat mengetahui bagaimana proses Organisasi.
  1. Proses mempengaruhi.
  2. Proses Pengambilan Keputusan.

Sasaran belajar :
  1. Mahasiswa dapat menjelaskan bagaimanakah proses mempengaruhi dapat berlangsung.
  2. Mahasiswa dapat membedakan pengertian pengaruh dengan kekuasaan dan dengan wewenang.
  3. Mahasiswa dapat meyebutkan beberapa beberapa pendekatan yang dapat digunakan untuk membahas hubungan antara kekuasaan dan pengaruh.
  4. Mahasiswa dapat menjelaskan proses pengambilan keputusan.
  5. Mahasiswa dapat menyebutkan dua buah model Fisher dalam prosesr pengambilan keputusan.
  6. Mahasiswa dapat menyebutkan teknik-teknik pengambilan keputusan

Ceramah Diskusi
OHP Papan tulis
Membuat pembedaan proses pengaruh berdasarkan kekuasaan dengan berdasarkan wewenang.
2, 7
11
Komunikasi dalam Organisasi

TIU :
Mahasiswa dapat memahami bagaimana komunikasi dalam organisasi
  1. Pengertian Komunikasi
  2. Bagaimana menyalurkan ide melalui konunikasi.
  3. Hambatan-hambatan komunikasi.

Sasaran Belajar :
  1. Mahasiswa dapat menjelaskan mengapa komunikasi diperlukan dalam organisasi.
  2. Mahasiswa dapat menyebutkan syarat-syarat terjadinya komunikasi yang baik.
  3. Mahasiswa dapat menjelaskan apa yang dimaksud dengan one way traffic dan two way traffic.
  4. Mahasiswa dapat menghitung jumlah arus tata hubungan yang ada dalam organisasi dengan mengunakan rumus J.E Walters.
  5. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian komunikasi menurut para ahli.
  6. Mahasiswa dapat menyebutkan unsure-unsur komunikasi.
  7. Mahasiswa dapat menyebutkan macam-macam komunikasi yang dapat terjadi dalam organisasi berikut contohnya.
  8. Mahasiswa dapat menjelaskan tahap-tahap yang dilalui dalam proses komunikasi.
  9. Mahasiswa dapat mengambarkan hubungan komunikasi dalam koordinasi kerjasama.
  10. Mahasiswa dapat mengetahui hambatan-hambatan yang terjadi dalam berkomunikasi.

Ceramah Diskusi
OHP Papan tulis
Mempresentasikan paper yang telah dibuat kemudian menklasifikasikan hambatan-hambatan dalam komunikasi.
2, 7
12
Perkembangan Pandangan Baru tentang Organisasi.

TIU :
Mahasiswa dapat mengetahui tentang pendangan baru organisasi.
  1. Arti pengembangan Organisasi.
  2. Sejarah perkembangan Organisasi.
  3. Karakteristik Pengambangan Oragnisasi.
  4. Organisasi Masa Depan.

Sasaran Belajar :
  1. Mahasiswa dapat mengetahui arti pengembangan organisasi.
  2. Mahasiswa dapat membandingkan perkembangan organisasi saat ini dengan sejarah organisasi.
  3. Mahasiswa dapat mengenali karakteristik yang berhubungan dengan organisasi.
  4. Mahasiswa dapat memahami perkembangan organisasi.


Ceramah Diskusi
 OHP Papan tulis
Membuat “ Daur Hidup Organisasi “
3,4,7
13
Kepemimpinan
  1. Pengertian
  2. Tipe-tipe Kepemimpinan
  3. Teori-Teori Kepemimpinan

Sasaran Belajar :
  1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian kepemimpinan
  2. Mahasiswa dapat mengerti tipe-tipe kepemimpinan.
  3. Mahasiswa dapat menyebutkan gaya kepemimpinan yang berbeda-beda.
  4. mahasiswa dapat mengetahui teori yang mendasari kepemimpinan.
  5. Mahasiswa dapat menjelaskan fungsi dari pemimpin dalam organisasi.

Ceramah Diskusi
OHP Papan tulis
Analisis kasus : klasifikasi gaya-gaya kepemimpinan.
2,3,7