Klik dan anda akan mendapatkan Sepatu Gratis Disini

Kamis, Mei 31, 2012

JAVA 2 ME

Java 2 Micro Edition (J2ME)
merupakan subset dari J2SE yang ditujukan untuk implementasi pada peralatan embedded system dan handheld yang tidak mampu mendukung secara penuh implementasi menggunkan J2SE.
embedded system adalah produk-produk dengan komputer kecil berada didalamnya. namun aplikasi yang bisa dimanfaatkan dari peralatan tersebut sangatlah spesifik. contoh embedded system adalah apikasi yang memanfaatkan mikroprosesor seperti TV,sistem keamanan gedung.dsb.

J2ME sangat berguna untuk membangun sebuah aplikasi pada peralatan dengan jumlah memori dan kapasitas penyimpan yang terbatas,serta kemampuan user interface yang terbatas seperti pada perangkat komunikasi bergerak berupa handphone,PDA. dsb.


seperti aplikasi java umumnya yang menggunakan java virtual machine, dalam J2ME digunakan pula virtual machine yang disebut K Virtual Machine. K  Virtual Machine sangat kecail dalam kebutuhan memorinya. Huruf K singakatan Kilobyte,untuk menggambarkan betapa Virual Machine ini bekerja pada total memori dari 128 kilibyte sampai maksimal crata-rata 512 kilobyte.

saat ini terdapat 2 jenis aplikasi dari J2ME yaiut :

  • walled garden application,yaitu aplikasi yang terdiri atau stand-alone yang berjalan pada handphone tanpa perlu mengakses sumber data eksternal melalui jaringan pembawa atau carrier network. contoh dari aplikasi ini adalah kalkulator atau single palyer games.,
  • network aware application atau aplikasi yang berinteraksi dengan jaringan. tidak seperti aplikasi yang pertma, aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengakses sumber data eksternal. contoh aplikasi ini adalah e-mail yang berada di dalam handphone.


J2ME, dibagi dalam configuration dan profil keduanya dibentuk dari Java Specification Request (JSR). configuration adalah spesifikasi yang secara detail menjelaskan tentang yang dapat digunakan dalam class-class tertentu dari sebuah peralatan. sebuah profil dibangun dalam sebuah configuration namun menambahkan beberapa API khusus agar dihasilkan sebuah lingkungan yang lengkap untk membangun aplikasi. sedangkan sebuah configuration mendeskripsikan sebuah JVM dan sekumpulan API dasar, dan hal ini tidak cukup untuk membangun sebuah aplikasi yang lengkap. profil-profil biasanya termasuk API untuk aplikasi lifecycle,user interface dan penyimpanan kontinyu.

Keuntungan Penggunaan J2ME

  • berkurangnya batasan-batasan dari aplikasi bberbasis browser pada perangkat komunikasi bergerak yang dapat diatasi
  • berkurangnya latensi selama koneksi anatara komunikasi perangkat keras disisi user dengan server.
  • tampilan layar perangkat komunikasi user juga semakin diperkaya dengan animasi-animasi grafis yang menarik.
  • interaksi user dengan sistem semakin meningkat.
Proses Loading Pada Aplikasi J2ME
ketika sebuah aplikasi telah berhasil dibuat,diperlukan mekanisme khusus agar aplikasi dapat disimpan pada sebuah perangkat komunikasi bergerak. umumnya,digunakan istilah Application Management Software(AMS). skenario dalam proses download tersebut adalah :
  • seorang pelanggan mengakses sebuah halaman web atau wap menggunakan perangkat komunikasi bergerak. di dalam halam tersebut terdapat daftar aplikasi yang dapat di download.
  • jika pelanggan tertarik,dia dapat memilih aplikasi tersebut yang secara otomatis akan mendownload file descriptornya file melalui jaringan komunikasi ke dalam handsetnya oleh karena ukuran file tersebut kecil,umumnya proses download berlangsung secara cepat dan relatif murah.
  • file descriptor ini memberitahukan pengguna beberapa hal mendasar tentang aplikasi yang baru saja di downloadnya misal : versi,ukuran file,dsb. dengan demikian jika salah satu informasi tersebut ternyata pernah ada dalam handset itu sebelumnya atau kapaitas memorinya tidak mencukupi,pengguna dapat diberikan pesan untuk membatalkan proses.
  • jika tidak ada permasalahan dengan kondisi handset,AMS akan mulai mendownload aplikasi dan menyimpannya, untuk kemudian akan muncul dalam pilihan aplikasi
reference
catatan dosen


0 comments:

Posting Komentar