Kerangka Kerja Sistem Informasi
Kerangka kerja ini akan memberikan gambaran area-area utama
pengetahuan sistem informasi bisnis yang dibutuhkan oleh praktisi bisnis.
Sebagai seorang manajer atau seorang praktisi bisnis, tidak harus menyerap
semua pengetahuan ini. Jadi yang perlu diteknkan disini adalah; apa yang perlu
diketahui agar seorang manajer dapat membantu mengelola hardware, software,
data dan sumber daya jaringan bisnis dapat digunakan demi keberhasilan
strategis perusahaan.
Yang pertama Konsep-konsep dasar
Konsep dasar keprilakuan, teknis, bisnis, dan manajerial
termasuk mengenai berbagai komponen dan pernanan sistem informasi. Contohnya
meliputi konsep sistem informasi dasar berasal dari teori sistem umum, atau
konsep keunggulan kompetitif yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi bisnis
teknologi informasi dalam keunggulan kompetitif.
Yang kedua, Teknologi Informasi
Konsep-konsep utama, pengembangan dan berbagai isu manajemen
teknologi informasi, meliputi hardware, software, jaringan, manajemen sumber
daya (data) dan teknologi berbasis internet.
Yang ketiga, Aplikasi Bisnis
Penggunaan utama dari sistem informasi untuk operasi, manajemen
dan keunggulan kompetitif. Aplikasi teknologi informasi dlam bidang fungsional
bisnis seperti pemasaran, produksi, dan akuntansi serta aplikasi perusahaan
lintas fungsi seperti manajemen hubungan dengan pelanggan dan perencanaan
sumber daya perusahaan (Enterprise resource planning-ERP). Aplikasi
e-commerce yang kebanyakan digunakan perusahaan untuk membeli dan menjual
berbagai produk di internet. Penggunaan sistem informasi dan teknologinya untuk
mendukung pengambilan keputusan dalam bisnis.
Peran utama Sistem Informasi (aplikasi bisnis)
1.
Mendukung proses dan operasi bisnis, toko ritel menggunakan SI
berbasis computer untuk menelusuri persediaan barang, mencatat pembelian
barang, evluasi penjualan,dll.
1.
Mendukung pengambilan keputusan para pegawai dan manajernya,
keputusan mengenai penambahan jumlah persediaan barang, jenis investasi barang
yang dibutuhkan dll.
1.
Mendukung berbagai strategi untuk keperluan kompetitif, misalnya
memberikan pelayanan yang mudah pembelian secara online, dll.
Yang keempat, Proses Pengembangan
Bagaimana para praktisi bisnis dan pakar informasi merencankan,
mengembangkan, dan mengimplementasikan sistem informasi untuk memenuhi peluang
bisnis. Metodologi pengembangan siklus hidup pengembangan sistem dan pendekatan
prototype untuk pengembangan aplikasi bisnis, juga memahami berbagai isu bisnis
yang terdapat dalam pengembangan SI.
Yang kelima, Tantangan Manajemen
Tantangan untuk secara efektif dan etis mengelola teknologi
informasi pada tingkat pemakai akhir, perusahaan dan global dalam bisnis.
Tantangan keamanan dan berbagai isu manajemen keamanan dalam penggunaan
teknologi informasi.
Sumber referensi :
Manajemen Layanan Sistem
Informasi [http://nindyasne.blogspot.co.id/2016/03/manajemen-layanan-sistem-informasi.html] 22
Maret 2016
Manajemen Layanan
Teknologi Informasi[https://wawanzone.wordpress.com/2011/03/02/manajemen-layanan-teknologi-informasi/] 22
Maret 2016
Montclair HAir Serum
https://mengatasikebotakan.com/montclair-hair-serum/
0 comments:
Posting Komentar