Klik dan anda akan mendapatkan Sepatu Gratis Disini

Rabu, Oktober 09, 2013

pemrosesan transaksi dan proses pengendalian intern

Kecurangan dan Kejahatan Kerah Putih
Kejahatan kerah putih menggambarkan serangkaian aktivitas illegal yang terjadi sebagai bagian dari pekerjaan pelaku kejahatan. Kejahatan ini terjadi pada saat kekayaan perusahaan digunakan menyimpang dari manfaat aktiva yang sesungguhnya. Ada 3 bentuk kejahatan kerah putih :
1. Kecurangan manajemen
2. Pelaporan keuangan yang menyesatkan
3. Kejahatan korporat
Pemrosesan Komputer dan Eksposur
Banyak aspek dari pemrosesan komputer yang cenderung meningkatkan eksposur organisasi terhadap peristiwa-peristiwa yang tidak diinginkan.
Tujuan Pengendalian dan Siklus Transaksi
Pengendalian berguna untuk mengurangi eksposur. Analisis eksposur dalam suatu organisasi sering berhubungan dengan konsep siklus transaksi. Kejadian tersebut menghasilkan transaksi yang dapat dikelompokkan sesuai dengan empat siklus aktivitas bisnis, yaitu
1.    Siklus pendapatan
2.    Siklus pengeluaran
3.    Siklus produksi
4.    Siklus keuangan

Komponen Proses Pengendalian Internal
Konsep pengendalian internal didasarkan pada dua premis utama, yaitu tanggung jawab dan jaminan yang masuk akal. Sedangkan proses pengendalian internal suatu organisasi terdiri dari lima elemen : lingkungan pengendalian, penaksiran risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pengawasan.
A. Lingkungan Pengendalian
Lingkungan pengendalian merupakan dampak kumulatif atas faktor-faktor untuk membangun, mendukung dan meningkatkan efektivitas kebijakan dan prosedur tertentu.
Faktor yang tercakup dalam lingkungan pengendalian adalah :
1. Nilai-nilai integritas dan etika, 2. Komitmen terhadap kompetensi, 3. Filosofi manajemen dan gaya operasi, 4. Struktur organisasi, 5. Perhatian dan pengarahan yang diberikan oleh dewan direksi dan komitenya, 6. Cara pembagian otoritas dan tanggung jawab, 7. Kebijakan sumber daya manusia dan prosedur.

B. Penaksiran Risiko
Penaksiran risiko merupakan proses mengidentifikasi, menganalisis, dan mengelola risiko yang memengaruhi tujuan perusahaan.
C. Aktivitas Pengendalian
Aktivitas pengendalian merupakan kebijakan dan prosedur yang dibangun untuk membantu memastikan bahwa arahan manajemen dilaksanakan dengan baik.
Tujuan pengendalian :
1.    Rencana organisasi mencakup pemisahan tugas untuk mengurangi peluang seseorang dalam suatu posisi pekerjaan tertentu untuk melakukan kecurangan atau kesalahan menjalankan tugas sehari-hari mereka.
2.    Prosedur mencakup perancangan dan penggunaan dokumentasi dan catatan yang berguna untuk memastikan pencatatan transaksi dan kejadian yang tepat.
3.    Akses terhadap aktiva hanya diberikan sesuai dengan otorisasi manajemen.
4.    Cek independen dan peninjauan dilakukan sebagai wujud akuntabilitas kekayaan perusahaan dan kinerja.
5.     Pengendalian proses informasi diterapkan untuk mengecek kelayakan otorisasi, keakuratan, dan kelengkapan setiap transaksi.

D. Informasi dan Komunikasi
Informasi mengacu pada sistem akuntansi organisasi, yang terdiri dari metode dan catatan yang diciptakan untuk mengidentifikasi, merangkai, menganalisis, mengelompokkan, mencatat, dan melaporkan transaksi organisasi dan untuk memelihara akuntabilitas aktiva dan utang yang terkait. Komunikasi terkait dengan memberikan pemahaman yang jelas mengenai semua kebijakan dan prosedur yang terkait dengan pengendalian. Komunikasi yang baik membutuhkan komunikasi oral yang efektif, manual prosedur yang memadai, manual kebijakan, serta berbagai jenis dokumentasi yang lain dan  juga membutuhkan aliran arus informasi dalam organisasi yang memadai. Informasi semacam ini dibutuhkan untuk mengevaluasi kinerja, membuat laporan perkecualian, dan lain sebagainya.

E.Pengawasan

Pengawasan dicapai melalui aktivitas yang terus-menerus, atau evaluasi terpisah, atau kombinasi keduanya. Tujuan fungsi audit internal adalah untuk melayani manajemen dengan menyediakan bagi manajemen hasil analisis dan hasil penilaian aktivitas dan sistem seperti :
1. Sistem informasi organisasi,
 2. Struktur pengendalian internal organisasi,
 3. Sejauh mana ketaatan terhadap kebijakan operasi, prosedur, dan rencana,
4. Kualitas kinerja personel organisasi
Pengendalian Pemrosesan Transaksi
Merupakan satu prosedur yang dirancang untuk memastikan bahwa elemen proses pengendalian internal diimplementasikan dalam suatu sistem aplikasi tertentu di setiap siklus transaksi organisasi. Pengendalian pemrosesan transaksi mencakup pengendalian umum dan pengendalian aplikasi.
SOAL DAN JAWABAN
1. Apa yang dimaksud dengan struktur pengendalian intern ?
Jwb:
- Proses Pengendalian Internal adalah sebuah proses yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan-tujuan organisasi dapat dicapai.
2. Sebutkan unsur-unsur dari pengendalian internal ?
Jwb:
- Lingkungan pengendalian
–  Penetapan risiko
– Aktivotas pengendalian
– Informasi dan komuniaksi
– Monitoring/supervisi
3. Sebutkan faktor – faktor yang tercakup dalam lingkungan pengendalian ?
Jwb:
- Nilai-nilai integritas dan etika
– Komitmen terhadap kompetensi
– Filosofi manajemen dan gaya operasi
– Struktur organisasi
– Perhatian dan pengarahan yang diberikan oleh dewan direksi dan komitenya
– Cara pembagian otoritas dan tanggung jawab
– Kebijakan sumber daya manusia dan prosedur.
4. Jelaskan tentang Etika dan Budaya Perusahaan ?
jwb:
- Setiap perusahaan memiliki budaya sendiri dan budaya inilah yang mendukung ataupun menghalangi perilaku etis di organisasi. Budaya perusahaan berhubungan dengan keyakinan umum, praktik, dan sikap keryawan. Sebaik apa pun kode etik yang dimiliki perusahan, akan menjadi tidak berarti jika ada masalah budaya yang signifikan dalam budaya organisasi.
5. Jelaskan dampak Lingkungan Bisnis Terhadap Pengendalin Internal ?
Jwb:
- Proses pengendalian internal suatu entitas bervariasi tergantung pada konteks ukuran organisasi; struktur organisasi, karakteristik kepemilikan; metode transmisi, pemrosesan, pemeliharaan dan pengevaluasi informasi; persyaratan legal dan regulator; diversitas dan kompleksitas operasi organisasi.

 sumber :
http://dandyadventures.blogspot.com/
http://www.lemarisepatuonline.com/
amir abadi yusuf,Rudi M. Tumbunan,1996
george H.B,William S.Hopwood,1995 : Accounting informasi sistem
zaki baridwan 1994,abdul halim : sistem informasi Akuntansi(kumpulan makalah)
wing wahyu winarto 1994 : sistem informasi akuntansi
sotoyo suparlan 1995 : sistem informasi Akuntansi
pemrosesan transaksi dan proses pengendalian intern
pemrosesan transaksi dan proses pengendalian intern
pemrosesan transaksi dan proses pengendalian intern
pemrosesan transaksi dan proses pengendalian intern
pemrosesan transaksi dan proses pengendalian intern

0 comments:

Posting Komentar